BAIT-BAIT GELANG INDIA

MAKNA GELANG INDIA

Hampir semua wanita pasti suka menggunakan perhiasan, salah satu-nya gelang. Mau gelang emas, perak, maupun imitasi sebagian besar wanita senang menggunakannya. Di INDONESIA, perhiasan berupa gelang tidak memiliki makna tertentu, kecuali perhiasan sebagai mahar, hadiah, atau warisan. Gelang yang dipakai di Indonesia hanya untuk menambah cantik penampilan wanita.

Sedangkan di INDIA, perhiasan itu penting bagi wanita. Gelang yang dipakai oleh wanita India menunjukkan beberapa fase, seperti saat lahir, kedatangan usia, dalam pernikahan, bahkan untuk menjadi seorang ibu. Selain itu, pemakaian gelang bagi wanita India untuk menonjolkan keindahan feminin mereka dengan menggunakan perhiasan yang terbuat dari emas, perak dan berlian. Secara tradisional India, perhiasan selalu dikaitkan dengan kekayaan kekuasaan dan status.

Pemakaian gelang yang paling menonjol pada wanita India pada saat ia menikah. Gelang dengan bahan logam emas merupakan gelang yang menjadi trend pernikahan India. Wanita yang sudah menikah diharapkan selalu memakai gelang. Biasanya wanita India yang sudah menikah banyak menggunakan gelang yang berbahan kaca. Wanita India yang telah menikah menggunakan gelangnya sebagai pesona keselamatan dan keberuntungan bagi suaminya. Jika si wanita (istri) istirahat dengan melepas gelangnya sebelum kematian suaminya, itu merupakan pertanda buruk. Karena wanita (istri) boleh melepaskan gelangnya pada saat upacara berkabung suami. 

Di India, gelang yang bersusun banyak dan berwarna-warni itu bukannya tidak memiliki arti. Ada makna atau arti dibalik warna gelang tersebut. Diantaranya :
1.   Emas bermakna/arti NASIB atau KEBERUNTUNGAN
2.   Perak bermakna/arti KEKUATAN
3.   Hitam bermakna/arti KEKUASAAN
4.   Putih bermakna/arti AWAL BARU
5.   Orange bermakna/arti SUKSES atau KEBERHASILAN
6.   Kuning bermakna/arti KEBAHAGIAAN
7.   Hijau bermakna/arti KEBERUNTUNGAN atau PERNIKAHAN
8.   Ungu bermakna/arti KEMANDIRIAN atau KEMERDEKAAN
9.   Biru bermakna/arti KEBIJAKSANAAN
10. Merah bermakna/arti ENERGI


0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author